Jurnal

WARISAN MAESTRO SENI LUKIS INDONESIA AFFANDI

OTS merupakan kegiatan yang sering di adakan oleh para Seniman di Tasikmalaya yaitu melukis “On The Spot”  di lokasi objek lukisnya yang di galakan oleh Ibu Hj. Rukmini Yusuf  Affandi putri dari pelukis Affandi dan istri dari Walikota Tasikmalaya Drs.H. Muhammad yusuf.

Ibu Hj. Rukmini Yusuf  Affandi merupakan putri Affandi dari istri keduanya, Rubiyem. Beliau lahir di Yogyakarta pada tahun 1961. Sejak kecil, Beliau gemar melukis. Bakat dan rasa seninya di warisi oleh ayahnya, Affandi.

Pada tahun 1982, Beliau menikah dengan Drs. H. Muhamad Yusuf. Sejak tahun 1986 pindah dan tinggal di Tasikmalaya. Di kota ini, Beliau semakin produktif mengembangkan bakat melukisnya dengan dukungan suaminya. Bakat ini pun di sadari oleh Ayahnya, semenjak tahun 1987 Affandi sering ke Tasikmalaya untuk memberikan bimbingan dan melukis bersama Putrinya.

Kegiatan melukis bersama Ayahnya “On  The Spot” ini menjadi spirit yang diwariskan pelukis Affandi kepada Putrinya dengan konsep kegiatan pergi ke suatu tempat untuk melukis di siang hari dan harus selesai pada hari itu juga, kini OTS di galakan oleh Ibu Hj. Rukmini Yusuf  Affandi untuk memberikan rangsangan kepada para Seniman. OTS kali ini di inisiasi oleh sdr. Andi Ramdani Bambu, seorang seniman dari cibalong yang sekaligus pemilik tempat galeri kandang seni tengah sawah  di selenggarakan tanggal 17 oktober 2023 bertempat di Kampung Cikaret Desa Eureunpalay Kec. Cibalong Kab.Tasikmalaya dengan maksud dan tujuan bersilaturahmi dengan petani, melihat keadaan terkini yang sedang di landa kemarau Panjang dan produktivitas hasil panen padi yang menurun menyebabkan fenomena harga beras semakin mahal.Kegiatan ini di pimpin langsung oleh Ibu Hj. Rukmini Yusuf Affandi dan dihadiri oleh para Seniman yang di antaranya

  1. Hj. Rukmini Yusuf Affandi
  2. Herman PG
  3. Yaman Sutiyaman
  4. Trina Puspasari
  5. Fitri Lestari
  6. Andi Ramdani
  7. Ade Darlin
  8. Asep NK
  9. Asep Wawan
  10. Acong
  11. Adil Dahlan
  12. Dida Rusdi
  13. M. Miswar Asidqi (Seniman Muda Disabilitas)
  14. Yok Japar K
  15. H. Lucky Lukita
  16. Ramdan F
  17. Nana Fine Art
  18. Jamal
  19. Yusa Widiana

InsyaAllah akan di adakan OTS yang kedua dengan tema yang sama dan akan di buatkan pamerannya